Perlu Tahu, Ini 4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan Ginjal Kita


Naviri Magazine - Ginjal memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh. Beberapa fungsi penting ginjal antara lain untuk menyaring dan membuang limbah, mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tingkat garam dalam darah, dan masih banyak lainnya. 

Banyaknya fungsi ginjal, seperti disebut di atas, seharusnya membuat kita lebih semangat untuk menjaga kesehatan organ yang satu ini. Selain itu, kita juga harus menghentikan 4 kebiasaan yang bisa merusak ginjal, seperti di bawah ini. 

Terlalu berlebihan mengonsumsi makanan olahan

Makanan olahan memang tak terlalu sehat untuk tubuh kita. Saat kita terbiasa mengonsumsi makanan olahan, rupanya bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Makanan olahan banyak memiliki kandungan fosfor dan natrium, yang jika dikonsumsi berlebihan bisa merusak ginjal. 

Kurang minum air putih

Air putih sangat penting bagi tubuh kita. Saat kekurangan asupan air, tubuh bisa dehidrasi, dan membuat pikiran tidak bisa konsen hingga lemas. Selain itu, dengan banyak minum air putih, rupanya juga bisa baik bagi ginjal karena bisa membuang racun dari tubuh. 

Dehidrasi memang berbahaya bagi tubuh, karena juga bisa menimbulkan batu ginjal dan merusak ginjal. 

Mengonsumsi garam terlalu banyak

Makanan yang mengandung banyak garam bisa meningkatkan tekanan darah. Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tinggi garam juga bisa membahayakan ginjal, karena ginjal harus bekerja keras untuk mengeluarkan garam yang berlebih. 

Sering menahan buang air kecil

Kebiasaan ini juga harus dihentikan. Menahan buang air kecil sangat tak baik bagi kesehatan. Saat buang air kecil, kita mengeluarkan racun dari tubuh. Jadi saat kita sering menahan buang air kecil, maka bisa berbahaya bagi ginjal dan menyebabkan batu ginjal.

Selain 4 hal di atas, waktu tidur yang tidak teratur dan terlalu banyak konsumsi gula juga bisa menyebabkan munculnya penyakit ginjal. Jadi jika ingin selalu sehat, mulai saat ini hindari 4 kebiasaan yang bisa merusak ginjal seperti di atas.

Related

Health 9167807897826002608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item