Cara Mencegah Plak Gigi: Salah Satunya Kurangi Ngemil yang Manis-manis!


Naviri Magazine - Ada pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal tersebut berlaku untuk kasus plak pada gigi. Mengobati atau menghilangkan plak pada gigi membutuhkan lebih banyak usaha dan dana—untuk pergi ke dokter gigi, jika dibandingkan dengan usaha untuk mencegahnya. 

Lalu, apa saja yang perlu Anda lakukan untuk mencegah plak gigi timbul di gigi Anda? Yuk, simak poin-poin berikut ini!

Sikat Gigi Secara Rutin

Sikat gigi yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi timbunan plak gigi di dalam mulut Anda. Gosoklah gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu sebelum tidur malam dan satu jam setelah sarapan pagi. Di luar waktu-waktu tersebut, menggosok gigi setelah makan besar dan saat banyak makanan tersangkut di sela-sela gigi adalah kebiasaan yang sangat baik.

Pastikan Anda selalu menggunakan pasta gigi ber-flouride agar gigi Anda lebih terlindungi. Flouride adalah mineral yang berfungsi untuk mengikat enamel gigi sehingga permukaan gigi Anda jadi lebih keras dan tahan terhadap serangan asam dari bakteri. 

Selain menggosok gigi seperti biasa, Anda bisa juga membiasakan diri untuk menggunakan dental floss dan mouthwash. Dengan demikian, kebersihan gigi dan mulut Anda bisa terjaga secara maksimal. 

Untuk penggunaan dental floss, tidak perlu setiap kali menggosok gigi. Cukup gunakan sekali sehari saja. Namun jika Anda merasa kurang nyaman dan ingin kebersihan gigi selalu terjaga setiap kali selesai makan makanan berat, tidak ada salahnya untuk menggunakan dental floss lebih sering.

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis akan menyisakan residu yang jadi tempat kesukaan bakteri untuk berkembang biak. Proses perkembangbiakan inilah yang menghasilkan zat asam yang merusak gigi. 

Karena itu, alangkah baiknya jika Anda mengurangi asupan makanan dan minuman manis. Dengan menghindari jenis-jenis makanan ini, Anda mengurangi risiko makin berkembangnya bakteri di sela-sela gigi.

Kurangi Ngemil

Kebiasaan ngemil ternyata juga ikut andil dalam menyebabkan penumpukan plak gigi. Biasanya ketika ngemil, Anda tidak sadar sudah berapa banyak makanan yang masuk ke dalam mulut. Anda juga biasanya tidak sadar jenis-jenis makanan seperti apa yang masuk, dan punya kemungkinan menyebabkan pertambahan plak yang cukup banyak atau tidak. 

Karena itu, mengurangi ngemil bisa membantu Anda untuk menghindari munculnya plak pada gigi. Jika pada suatu kasus ternyata Anda tidak bisa mengurangi cemilan, maka gantilah cemilan instan dengan cemilan yang sehat dan alami. Yogurt murni adalah salah satu pilihan cemilan yang baik. Bisa juga memilih keju, sayuran mentah, atau buah.

Berhenti Merokok

Sudah jadi rahasia umum bahwa perokok umumnya memiliki gigi yang kekuningan dan terlihat kotor. Selain karena kandungan nikotin pada rokok, kuningnya gigi pada perokok juga disebabkan oleh banyaknya plak yang tanpa sadar ada di sela-sela antara gigi dan gusi. Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk melindungi gigi Anda. 

Hal yang sama juga berlaku pada teh dan kopi. Terlalu sering meminum teh dan kopi dalam sehari akan mempengaruhi warna gigi dan banyaknya plak yang menempel pada gigi. Sebaiknya Anda meminum teh dan kopi sewajarnya saja. Satu cangkir sehari sudah cukup.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Makanan alami yang sehat dan aman untuk gigi adalah sayur dan buah. Sayur, khususnya sayuran hijau, punya banyak kandungan serat yang sangat bermanfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan, tapi kandungan serat pada sayuran hijau juga bertindak sebagai pembersih gigi alami saat Anda mengunyahnya di dalam mulut.

Konsumsi buah juga bisa membantu usaha Anda untuk mengurangi timbulnya plak pada gigi. Pilihlah buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk menjaga kesehatan gusi. 

Buah seperti jeruk atau kiwi bisa jadi pilihan yang tepat. Gusi yang sehat dan rapat akan mengurangi kemungkinan makanan terselip dan mengurangi timbulnya plak pada gigi.

Related

Tips 8204209472867487729

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item