Kasus Corona Terus Naik, Satgas Covid-19: Tidak Ada Jalan Lain Selain PSBB di DKI Jakarta

Kasus Corona Terus Naik, Satgas Covid-19: Tidak Ada Jalan Lain Selain PSBB di DKI Jakarta

Naviri Magazine - Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Akmal Taher menilai kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang akan kembali diterapkan di DKI Jakarta merupakan keputusan yang tepat dalam merespons semakin meningkatnya jumlah kasus positif covid-19, khususnya di Ibu kota.

“Menurut saya, kalau lihat dari sisi angka kesediaan tempat tidur dan sebagainya, saya kira tidak ada jalan lain untuk direm dulu,” kata Akmal dalam diskusi Penularan bertambah Perilaku Kok Belum Berubah.

Menurut Akmal, ada beberapa faktor yang mempengaruhi semakin bertambahnya kasus positif covid-19 di Indonesia dari hari ke hari. Namun, yang masih menjadi faktor utama yakni tingkat kedisiplinan dan kesadaran warga terhadap protokol kesehatan masih cukup rendah.

Merebaknya isu yang menyebutkan bahwa virus korona hanyalah konspirasi juga turut memperparah tingkat kedisiplinan warga.

“Beberapa survei juga memperlihatkan bahwa memang usaha untuk menyadarkan masyarakat tentang memakai masker, cuci tangan, jaga jarak, itu masih jadi persoalan. Kalau kita lihat di kantor, di rumah, secara kasat mata kalau kita jalan keluar Jakarta sedikit saja di dekat Bogor kita bisa lihat beberapa orang tidak pakai masker,” tuturnya.

Selain itu, kebijakan regional atau masing-masing daerah juga berperan dalam memengaruhi jumlah kasus.

Menurut Akmal, pemerintah daerah harus mengevaluasi kebijakannya secara berkala untuk mengontrol penyebaran covid-19 dan menyesuaikan kebijakan tersebut dengan mengacu pada angka ketersediaan fasilitas kesehatan serta jumlah penambahan kasus.

“Kalau angkanya (positif covid-19) tambah terus, ya seharusnya mawas diri lah, kudu diganti pendekatannya. Jadi memang kita tidak bisa menjudge satu per satu, tapi marilah kita pakai ukuran yang sama, terbuka dengan ukuran itu, kemudian kita perbaiki, dan masyarakat dikasih tahu jadi kita clear gitu loh,” tandasnya.

Related

News 85894058279307516

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item