Swab dan Rapid Test Akan Dihapus di Pesawat, Bagaimana dengan Kereta?

Swab dan Rapid Test Akan Dihapus di Pesawat, Bagaimana dengan Kereta? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ada wacana swab dan rapid test bakal dihapus dari syarat bertransportasi kala pandemi covid-19 termasuk bagi penumpang pesawat terbang, bagaimana dengan transportasi lain? PT KAI selaku operator kereta api di Indonesia buka suara mengenai hal ini.

"Kami tetap menunggu arahan dari pemerintah selaku regulatornya," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Saat ini, syarat naik kereta jarak jauh memang masih membutuhkan keterangan hasil swab atau rapid test. Keterangan tersebut berlaku 14 hari sejak dilakukan pengecekan. Namun syarat itu tak berlaku di kereta lokal dan komuter.

"Prinsipnya kami konsisten mengikuti apa yang sudah menjadi ketentuan dari pemerintah. Kami ingin Kereta Api menjadi moda transportasi yang nyaman, aman dan sehat. Itu dulu yang menjadi fokus kita," bebernya.

Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 seharga Rp 85.000 di berbagai stasiun bagi pelanggan yang akan naik Kereta Api Jarak Jauh.

"Layanan ini kami sediakan untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Kami berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya" ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, saat itu.

Inovasi ini adalah hasil dari sinergi BUMN antara KAI dengan RNI melalui anak usahanya PT Rajawali Nusindo. Tentunya kolaborasi antar BUMN ini dalam rangka turut mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

Layanan Rapid Test tersedia di 12 stasiun, dengan jam pelayanan mulai pukul 07.00 s.d 19.00. Adapun ke-12 stasiun tersebut ialah Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang.

Pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh. Penyediaan layanan Rapid Test di stasiun merupakan bentuk peningkatan pelayanan KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

"Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan," tutup Didiek.

Kabar soal penghapusan tes swab dan rapid test disampaikan oleh Juru Bicara dan Ketua Tim Pakar Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito yang membenarkan adanya rencana tersebut.

"Iya, sedang dibicarakan detail pelaksanaannya," kata Wiku ketika dikonfirmasi.

Related

News 6722139450322407597

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item