Ini Penjelasan IDI Terkait Prosedur Pembuatan dan Uji Coba Obat Corona

Ini Penjelasan IDI Terkait Prosedur Pembuatan dan Uji Coba Obat Corona naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ketua Satuan Tugas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk COVID-19 Zubairi Djoerban menuturkan, terdapat beberapa tahap yang harus dilakukan apabila ingin membuat obat.

Pertama, harus melewati tahap pra-klinis. Pada tahap ini diteliti zat apa saja yang terkandung dalam obat. Lalu, diuji coba kepada hewan yang memiliki gen yang sama seperti manusia.

"Apabila hewan itu mati, jangan diteruskan. Kalau hidup, baru diuji ke tahap selanjutnya," kata dia.

Tahap kedua, obat harus diuji klinis tahap pertama. Pada tahap ini obat diberikan kepada puluhan manusia yang dijadikan subjek penelitian. Peneliti pun harus terus mengawasi dan melihat perkembangan subjek tersebut secara intensif selama 3 sampai 6 bulan, sebagai bentuk tanggung jawab.

"Agar dapat meyakinkan bahwa zat yang terkandung dalam obat COVID-19 ini aman kalau dikonsumsi oleh manusia," katanya, menjelaskan tujuan tahapan ini.

Dalam uji klinis tahap dua, peneliti melakukan cara yang sama tapi kepada lebih banyak orang. Ratusan.

Pada tahap ketiga, obat kembali dites pada ribuan orang, lagi-lagi untuk menguji apakah obat itu aman dan efektif. Dalam konteks obat Corona, apabila ribuan orang yang diteliti berhasil memiliki daya proteksi dan terlindung dari COVID-19, hasil penelitian tersebut diterbitkan di majalah kedokteran yang terakreditasi.

Sementara peneliti mendaftarkan obatnya ke BPOM. Setelah itu baru boleh diperjualbelikan.

"Misalnya pas dijual beberapa tahun kemudian menimbulkan efek samping seperti kanker dan lainnya, itu harus ditarik dari peredaran," katanya, menjelaskan meski sudah dipasarkan, bukan tidak mungkin tak timbul efek samping.

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menegaskan, jika suatu produk terbukti berkhasiat lewat tahap-tahap di atas, maka klaim tersebut pasti tertera pada label atau desain kemasan produk.

Related

Science 3454247466081370903

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item