Ini Hal-hal yang Dicek Tim Verifikasi Saat Memeriksa Akomodasi Hotel

Ini Hal-hal yang Dicek Tim Verifikasi Saat Memeriksa Akomodasi Hotel, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tim Verifikasi Kesiapan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, memeriksa akomodasi di sejumlah hotel dan vila. Verifikasi lapangan itu dilakukan untuk mengecek kesiapan pengelola penginapan saat Bali sudah kembali menerima wisatawan domestik mulai Jumat, 31 Juli 2020.

Koordinator Tim Verifikasi Kesiapan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Badung, Nyoman Astama mengatakan, petugas verifikasi memeriksa kesesuaian dari data checklist yang sudah diisi secara mandiri oleh pengelola penginapan dengan kenyataan.

"Pengecekan pada ketersediaan fasilitas tambahan yang disyaratkan protokol CHSE atau Cleanliness, Health, Safety, Environmental friendly sesuai ketentuan Gugus Tugas Covid-19 dan Kementerian Kesehatan," kata Nyoman Astama di Mangupura, Bali.

Selain hotel dan vila, petugas verifikasi juga mengecek fasilitas penunjang protokol kesehatan di beach club. Proses pengecekan ini juga didampingi Dinas Pariwisata Badung, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung, Dinas Kesehatan Badung, dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung.

Tim verifikasi juga memeriksa bukti dokumen Standar Prosedur Operasi atau SOP, pelaksanaan pelatihan yang dilakukan terhadap SOP tersebut, penerapan SOP pelayanan, dan serta konsistensi tata kelola oleh manajemen dalam memastikan penerapan protokol CHSE yang berkelanjutan.

Nyoman Astama menjelaskan pengecekan ini penting karena reaktivasi kegiatan pariwisata di masa new normal pandemi Covid-19 sangat bergantung pada kepercayaan tamu atas kesiapan dan penerapan protokol kesehatan.

Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata Badung, Ngakan Putu Tri Ariawan menjelaskan verifikasi lapangan ini adalah tindak lanjut dari permohonan yang diajukan pengelola. Hasil dari verifikasi lapangan tersebut, menurut dia, bukan izin untuk buka.

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Badung Nomor 259 Tahun 2020 tentang Panduan Stakeholder Pariwisata Menuju New Normal Tourism menyatakan tim verifikasi akan memberikan rekomendasi kesiapan kepada Dinas Pariwisata Badung. Selanjutnya akan merekomendasikan penerbitan Sertifikat Kesiapan yang ditandatangani bupati.

Related

News 3441526921224240562

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item