Anies Bangga, DKI Jakarta Jadi Provinsi Paling Demokratis Versi BPS

Anies Bangga, DKI Jakarta Jadi Provinsi Paling Demokratis Versi BPS, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - DKI Jakarta didapuk sebagai provinsi paling demokratis se-Indonesia menurut kalkulasi Badan Pusat Statistik (BPS).

DKI Jakarta mencatat skor indeks demokrasi (IDI) sebesar 88,29 poin dan menjadi indeks demokrasi tertinggi di Indonesia selama 11 tahun terakhir.

Raihan itu diumumkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam unggahannya di akun Instagram pada Rabu (5/8) malam. Anies menyebut angka IDI Jakarta meningkat 3,21 poin dari tahun sebelumnya, 2018 yang mencapai 85,08.

"Angka ini sekaligus memecahkan angka IDI tertinggi selama 11 tahun perhitungannya," tulis Anies dalam unggahannya.

Catatan IDI Jakarta tersebut berdasarkan rilis resmi dari BPS Jakarta yang tertuang dalam IDI DKI nomor 35/08/31/Th.XXII. yang dikeluarkan pada Rabu (5/8).

Menurut dia, peningkatan itu didorong oleh perbaikan pada sejumlah aspek. Misalnya, dalam aspek hak-hak politik dari semula 75,42 poin (2018) menjadi 83,86 (2019) atau naik 8,43 poin. Hal itu menurut Anies, antara lain dipicu oleh peningkatan voters turnout (jumlah pemilih) pada Pemilu Legislatif 2019.

Selain itu, dalam aspek lembaga demokrasi, DKI Jakarta juga mencatat peningkatan poin sebanyak 4,07 poin. Pada 2018, lembaga demokrasi di DKI Jakarta mencatat poin sebesar 87,82, dan pada 2019 menjadi 91,89 poin.

Menurut Anies, peningkatan itu salah satunya disebabkan oleh perbaikan transparansi anggaran di jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, kenaikan juga tercatat dalam aspek Kebebasan Sipil, sebesar 91,01 poin atau naik 4,58 dari tahun sebelumnya.

"Bahkan aspek berkeyakinan kita juga naik dan mendapat nilai sempurna 100," tambah Anies.

Menurut Anies, capaian IDI tersebut bukan hanya menggambarkan demokrasi dari sisi kinerja dan birokrasi pemerintah, namun juga turut menggambarkan peran serta masyarakat, lembaga legislatif (DPRD), partai politik, lembaga peradilan, hingga penegak hukum. Oleh sebab itu, katanya, capaian tersebut merupakan peran serta semuah pihak.

"Sekalipun capaian indeks demokrasi DKI Jakarta tahun ini sudah cukup tinggi, namun masih menyisakan beberapa pekerjaan rumah," ujarnya.

Related

News 1654233735211543677

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item