Johnson & Johnson Tak Lagi Bikin Produk Pencerah Kulit, Ini Alasannya

Johnson & Johnson Tak Lagi Bikin Produk Pencerah Kulit, Ini Alasannya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Industri kecantikan di Amerika Serikat ikut menyuarakan sikapnya terkait protes Black Lives Matter atau BLM dalam beberapa pekan silam. Salah satu di antaranya adalah Johnson & Johnson menghentikan penjualan produk pencerah kulit.

Perusahaan yang pernah tersandung skandal bedak bayi itu mengumumkan akan berhenti memproduksi lini Neutrogena Fine Fairness dan Clear Fairness by Clean & Clear, mengutip laman The Cut.

Kedua produk yang berfungsi mencerahkan kulit itu dipasarkan di Asia dan Timur Tengah. Produk pencerah kulit telah lama dikritik karena dianggap melanggengkan rasisme dan warna kulit.

"Percakapan selama beberapa minggu terakhir menyoroti bahwa beberapa nama produk atau klaim pada produk peredam bintik hitam Neutrogena dan Clean & Clear kami seolah menunjukkan bahwa putih lebih baik daripada warna kulit unik Anda sendiri," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. "Ini bukan tujuan kami - kulit yang sehat adalah kulit yang indah."

Dalam produk pencerah kulit biasanya terdapat label "brightening" dan "lightening" yang targetnya mengatasi bintik-bintik gelap. Namun, banyak yang memaknai “bintik-bintik gelap" itu menjadi seluruh wajah atau pemutih kulit.

Selain Johnson & Johnson, sejumlah perusahaan produsen produk pencerah kulit seperti Unilever, Proctor & Gamble, dan L'Oréal menghadapi kecaman serupa karena masih menjual produk pemutih kulit.

Belasan ribu orang telah menandatangani petisi yang menyerukan Unilever untuk menghentikan produksi Fair & Lovely, produk pencerah kulit yang dijual di India dan Timur Tengah.

Related

News 2709122111054330844

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item