Duh! Wanita Ini Beli Masker Senilai Rp 4 Juta di Internet, tapi yang Dikirim cuma Kardus Bekas

Duh! Wanita Ini Beli Masker Senilai Rp 4 Juta di Internet, tapi yang Dikirim cuma Kardus Bekas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Penipuan belanja masker melalui transaksi online kembali terjadi di Palembang. Kali ini Nora (21), warga Kecamatan Ilir Timur I, yang menjadi korbannya. Korban diketahui membeli 10 karton masker seharga Rp 4 juta, tapi barang yang dikirim justru kardus bekas bola lampu.

Kasat Reskrim Polrestabes Palembang, AKBP Nuryono, membenarkan adanya laporan dugaan penipuan pembelian masker tersebut. Menurutnya, korban awalnya melakukan transaksi pembelian masker, setelah melihat iklan di media sosial Facebook pada 15 April 2020 lalu.

"Korban melihat iklan di akun Facebook atas nama M Saparuddin. Setelah negoisasi, disepakatilah harga untuk 10 karton masker seharga Rp 4 juta," katanya.

Berdasarkan keterangan korban, pelaku meyakinkannya dengan mengirimkan foto KTP, dan mengaku bekerja di sebuah gudang penyimpanan masker yang berada di wilayah KM 12, perbatasan Palembang-Bayuasin.

"Karena percaya, korban kemudian mengirimkan uang tersebut ke rekening atas nama Silvia Astuti. Tapi saat barang tiba keesokan hari, ternyata isinya merupakan kardus bekas bola lampu," katanya.

Korban sendiri, kata Nuryono, memang mencari masker dengan harga murah, dengan tujuan agar dapat dijual kembali. Namun, yang bersangkutan justru menjadi korban penipuan. Selain itu, nomor ponsel pelaku kini diketahui sudah tidak aktif lagi 

"Kasus seperti ini menjadi yang kedua kalinya di Palembang. Saat ini masih dalam penyelidikan lebih lanjut oleh petugas," katanya.

Hal ini, kata dia, tentunya juga menjadi atensi pihak kepolisian untuk dapat segera mengungkap para pelaku penipuan yang memanfaatkan situasi wabah COVID-19 untuk memperoleh keuntungan dengan cara yang tidak benar.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat jangan mudah percaya begitu saja dengan penawaran barang melalui online. Pastikan kebenarannya dulu sebelum bertransaksi," katanya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 7534853700592983770

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item