Three Gorges Dam, Bendungan Indah yang Kontroversial

Three Gorges Dam, Bendungan Indah yang Kontroversial

Naviri Magazine - Bendungan Tiga Jurang atau Bendungan Tiga Ngarai, atau Dam Tiga Jurang, terletak di Sungai Yangtze (sungai ketiga terpanjang di dunia) di Sandouping, Yichang, provinsi Hubei, Cina. Konstruksinya dimulai pada 1994.

Bendungan ini menjadi bendungan hidroelektrik terbesar di dunia, ketika diselesaikan pada tahun 2009. Penampungan ini memulai pengisian pada 1 Juni 2003, dan akan menempati wilayah Tiga Jurang yang indah, antara kota Yichang, Hubei, dan Fuling, Chongqing.

Seperti bendungan lain, bendungan ini juga merupakan bendungan yang kontroversial menyangkut benar salahnya proyek pembangunannya. Pihak yang mendukung menunjuk pada keuntungan ekonomi dari pengawasan banjir dan tenaga hidroelektrik.

Sementara pihak yang menentang mengkhawatirkan masa depan 1,9 juta orang yang akan dipindahkan; hilangnya lokasi arkeologikal dan budaya yang berharga; juga dampaknya terhadap lingkungan.

Baca juga: Amazon, Hutan yang Membantu Menstabilkan Iklim Bumi

Related

World's Fact 1885643341943890819

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item