Rusia, Negara dengan Wilayah Terluas di Dunia

Rusia, Negara dengan Wilayah Terluas di Dunia

Naviri Magazine - Federasi Rusia adalah negara yang membentang dengan luas di daerah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.098.242 kilometer persegi, Rusia adalah negara terbesar di dunia.

Luas wilayahnya sekitar dua kali wilayah Republik Rakyat Cina, Kanada, atau Amerika Serikat. Luas daratannya sekitar 16.377.742 kilometer persegi, sedangkan luas wilayah perairannya sekitar 720.500 kilometer persegi.

Negara yang ada Benua Eropa ini sebelumnya menjadi bagian Uni Soviet. Ketika Uni Soviet runtuh, bisa dibilang Rusia adalah ahli waris utamanya. Rusia mewarisi 50 persen jumlah penduduk, dua pertiga luas wilayah, dan sekitar 50 persen aset-aset ekonomi serta persenjataan Uni Soviet.

Kota-kota besar di Rusia di antaranya adalah Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Chelyabinsk, Rostov na Donu, Volgograd, Krasnoyarsk, Saratov, Voronezh, Tolyatti, Krasnodar, Ulyanovsk, dan Izhevsk.

Baca juga: Benarkah Suku Aborigin adalah Penduduk Asli Australia?

Related

World's Fact 7065868412198606807

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item