Kukang, Hewan Langka yang Hidup di 3 Pulau Indonesia

Kukang, Hewan Langka yang Hidup di 3 Pulau Indonesia

Naviri Magazine - Kukang adalah salah satu primata yang hidup di tiga pulau besar Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Hewan ini memiliki ciri khas wajah yang terkesan malu-malu, dengan dua mata yang besar, dan lima jari yang kuat sehingga dapat menggenggam dan memanjat ranting-ranting atau batang pohon dengan mudah.

Kukang adalah hewan nokturnal, yaitu hewan yang menjalankan aktivitasnya di malam hari. Karena itulah hewan ini memiliki sepasang mata yang besar dan bulat untuk beradaptasi dengan kehidupan malamnya.

Kukang juga memiliki pola warna yang menarik, yaitu satu garis gelap sepanjang tubuh, yang dimulai dari belakang kepala hingga ke bawah. Dalam klasifikasi makhluk hidup, kukang termasuk hewan jenis primata tingkat rendah.

Pada saat ini, kukang terancam punah karena seringnya diburu untuk diperdagangkan dan dijadikan hewan peliharaan. Pedagang ilegal biasanya akan mencabut paksa gigi taring hewan ini agar tidak melukai pembeli.

Sebagian kukang sakit dan mati lantaran luka pada mulutnya. Jika perburuan dan perdagangan ilegal hewan ini tidak dihentikan, diperkirakan kukang akan punah dalam 100 tahun ke depan.


Related

Science 7780580180281773430

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item