Bagaimana Kadal Bisa Berjalan di Atas Air?

 Bagaimana Kadal Bisa Berjalan di Atas Air?

Naviri Magazine - Kadal basilisk dapat berlari cepat menyeberangi kolam atau sungai untuk melarikan diri, dan ia berlari dengan kaki belakangnya yang berjalan melintasi air.

Ketika hewan ini sedang berlari, tampak bagi kita dia sedang berjalan di atas air. Hal itu dimungkinkan, karena kadal basilisk memiliki kaki belakang berjumbai, dan jumbai itu menjebak gelembung-gelembung udara di bawah kakinya.

Namun, untuk bisa melakukan hal itu, kadal basilisk harus berlari cukup cepat di atas air. Selain itu, jarak yang ditempuh juga tidak bisa terlalu panjang. Rata-rata, kadal basilisk hanya mampu melintasi air sampai jarak 100 kaki atau 30,5 meter.

Kemampuan kadal basilisk berjalan di atas air diperkirakan karena tingkat kecepatannya semata—dalam arti mereka tidak benar-benar bisa berjalan di atas air—sedangkan ekornya yang panjang membantu untuk menyeimbangkan.


Related

Science 4641025684916993683

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item