Fakta Menakjubkan di Balik Migrasi Burung-burung

Fakta Menakjubkan di Balik Migrasi Burung-burung

Naviri Magazine - Ketika burung-burung melakukan migrasi, mereka akan melakukan teknik sama yang digunakan para pelaut—menggunakan berbagai tanda, termasuk posisi matahari dan bintang untuk menunjukkan arah pada penerbangan jarak jauh. Mereka juga menggunakan penunjuk daerah setempat ketika sudah dekat dengan daerah tujuan.

Burung-burung itu memiliki semacam kompas di dalam kepalanya, yang dapat digunakan untuk merasakan bidang magnet bumi dan memilih arah tujuan dengan tepat.

Seberapa cepat burung terbang ketika bermigrasi?

Berbagai penelitian yang menggunakan radar menunjukkan bahwa burung-burung kecil, semisal burung pengicau, bergerak dengan kecepatan kira-kira 35 kilometer per jam ketika mereka bermigrasi.

Mereka biasanya hanya terbang selama 6 sampai 8 jam per hari, namun ada jenis burung yang terbang dalam waktu lebih lama.

Seekor burung knot di Inggris pernah dipasangi cincin, dan delapan hari kemudian ditemukan di Liberia yang jaraknya 5.600 kilometer.

Berdasarkan perhitungan, burung tersebut telah mencapai jarak rata-rata 700 kilometer per hari, sehingga hampir dapat dipastikan burung itu menempuh perjalanan selama 10 jam setiap harinya.

Baca juga: Mengapa Anjing Tidak Serak Meski Menggonggong Terus Menerus?

Related

Science 4747540077022975621

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item