Fakta-fakta Unik di Balik Cahaya Kunang-kunang

Fakta-fakta Unik di Balik Cahaya Kunang-kunang

Naviri Magazine - Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat pada waktu malam hari. Cahaya itu tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah, dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar 96 sampai 98 persen.

Kunang-kunang memancarkan sinar untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kawin. Untuk tujuan itu, mereka menggunakan panjang gelombang sinar yang berbeda, tergantung pada spesiesnya.

Pada beberapa spesies, kunang-kunang jantan yang mula-mula menyorotkan sinar untuk menarik sang betina, sementara pada spesies lainnya sang betina yang “memanggil”.

Selain itu, sebagian kunang-kunang menggunakan cahaya mereka untuk mempertahankan diri dari kemungkinan serangan hewan lain. Mereka mengeluarkan sinar sebagai tanda pada musuh bahwa mereka bukan makanan yang lezat.

Cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan, untuk memperingatkan antar sesama jenisnya atas ancaman bahaya, juga peringatan bagi serangga dan burung pemangsa agar tidak memakannya karena zat pemicu pembentukan cahaya kunang-kunang rasanya pahit.

Baca juga: Manfaat dan Misteri di Balik Cahaya Kunang-kunang

Related

Science 6248445433557580784

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item