5 Teori Populer Terkait Segitiga Bermuda yang Misterius

 5 Teori Populer Terkait Segitiga Bermuda yang Misterius

Naviri Magazine - Perusahaan asuransi laut, Lloyd’s of London, menyatakan bahwa Segitiga Bermuda bukan lautan yang berbahaya, dan sama seperti lautan biasa di seluruh dunia, asal tidak membawa angkutan melebihi ketentuan ketika melalui wilayah tersebut. Penjaga pantai mengonfirmasi keputusan tersebut.

Penjelasan itu dianggap masuk akal, ditambah sejumlah pengamatan dan penyelidikan kasus. Meski begitu, Segitiga Bermuda tetap dianggap kawasan misterius, karena banyaknya fenomena kapal hilang dan pesawat yang raib ketika melintas di sana. Terkait hal itu, berikut ini enam teori yang mencoba menjelaskan misteri di balik Segitiga Bermuda.

Teori lorong waktu

Menurut beberapa peneliti, mungkin di kawasan Segitiga Bermuda terdapat sebuah gangguan atmosfir di udara, berupa lubang di langit. Ke lubang itulah pesawat terbang masuk tanpa sanggup keluar lagi.

Dari misteri “lubang di langit” itu membentuk sebuah teori tentang adanya semacam perhubungan antara dunia dengan dimensi lain. Lubang di langit itu dianggap semacam alat transportasi seperti tampak di film Star Trek. Ataukah bentuk Lubang di langit itu UFO? Orang sering menghubungkan hilangnya pesawat kita dengan munculnya UFO.

Teori blue hole

Konon, di dasar laut Segitiga Bermuda terdapat semacam lubang/gua dasar laut. Dulu gua itu memang sungguh ada, tetapi setelah zaman es berlalu, gua itu tertutup. Arus di dalamnya sangat kuat, dan sering membuat pusaran yang berdaya hisap.

Banyak kapal kecil atau manusia yang terhisap ke dalam blue hole itu tanpa daya, dan anehnya kapal-kapal kecil yang terhisap akan muncul kembali ke permukaan laut selang beberapa lama.

Tapi yang menimbulkan pertanyaan ialah; mungkinkah blue hole itu sanggup menelan kapal raksasa ke dasar lautan?

Teori misteri lidah lautan

Kawasan Segitiga Bermuda sering juga disebut Tongue of the Ocean atau Lidah Lautan. Lidah Lautan mempunyai jurang bawah laut (canyon). Ada beberapa peristiwa kecelakaan di sana.

Tidak banyak yang diketahui tentang Segitiga Bermuda, sehingga orang menghubungkan misteri Segitiga Bermuda dengan misteri lainnya. Misalnya misteri Naga Laut yang pernah muncul di Tanjung Ann, Massachussets, AS, pada bulan Agustus 1917.

Teori misteri makhluk sargasso

Misteri lain yang masih belum terungkap adalah misteri makhluk Laut Sargasso, yang bukan semata-mata khayalan. Di Lautan Sargasso, banyak kapal yang tak pernah sampai ke tujuannya, dan terkubur di dasar laut.

Di sana terhimpun kapal-kapal dari berbagai zaman, harta karun, mayat, dan tulang belulang manusia. Luas Laut Sargasso ini 3.650 km untuk panjang, dan lebarnya 1.825 km, dan di sekelilingnya mengalir arus yang kuat sekali, sehingga membentuk pusaran sangat luas yang berputar perlahan-lahan searah jarum jam.

Teori angin puting beliung

Mungkin di area ini sering terjadi badai laut yang bisa membentuk suatu pusaran angin yang dapat menyebabkan hancurnya pesawat terbang karena terhempas.

Baca juga: Misteri Kapal-kapal yang Hilang di Segitiga Bermuda

Related

Mistery 6578557373956569366

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

Banner BlogPartner Backlink.co.id
item