Cara Facebook Menghindari Pajak yang Besar

 Cara Facebook Menghindari Pajak yang Besar

Naviri.Org - Facebook adalah perusahaan raksasa, media sosial terbesar di dunia, dengan ribuan karyawan yang tersebar di berbagai negara di dunia. Dengan besarnya perusahaan yang dimiliki, Facebook menghasilkan pendapatan dalam jumlah luar biasa besar. Karenanya, Facebook pun berhadapan dengan tagihan pajak yang sama besar. Tapi tampaknya Facebook tahu bagaimana cara menghindar.

Pada 2014, sebagaimana dilaporkan The Independent, Facebook hanya membayar pajak £4.327 pada pemerintah Inggris. Ironisnya, rata-rata pajak yang dibebankan pada individu Inggris berada di kisaran £3 ribuan serta £2 ribuan untuk membayar asuransi, semacam BPJS. Artinya, kontribusi Facebook pada pemerintah Inggris dalam bentuk pajak jauh lebih kecil dibandingkan seorang warga Inggris.

Ringannya pajak Facebook tak hanya terjadi pada 2014. Pada 2016, Facebook memperoleh keringanan pajak sejumlah £11,3 juta. Padahal, keuntungan global Facebook berada di kisaran £4,97 miliar.

Persoalan keringanan pajak, seperti dilaporkan Wired, terjadi selepas Facebook memberikan bonus berupa saham pada seluruh karyawan di Inggris. Pada 2014, Facebook menggelontorkan dana senilai 35,4 juta dalam bentuk saham pada seluruh pegawai di Inggris. Di 2014, raksasa media sosial ini hanya membayar pajak £4.327 karena Facebook merugi £28,5 juta sehingga memperoleh keringanan pajak.

Facebook juga mendirikan kantor keuangan di Irlandia, tepatnya di Kota Dublin. Mengutip The Journal, Facebook terus berekspansi dengan kantornya di negara yang “ramah” pajak. Pada 2009, Facebook hanya punya 30 karyawan. Pada 2017 jumlah karyawan Facebook meningkat menjadi 2 ribu orang.

Peningkatan jumlah karyawan punya tujuan utama: Dublin merupakan pusat transaksi iklan Facebook. Jika ada pengguna Facebook yang hendak mengiklankan produknya di Facebook, cabang Facebook tempat pengguna tersebut berada hanya jadi perantara. Tagihan lantas dibuatkan oleh kantor Facebook di Dublin, Irlandia.

Namun, langkah Facebook memusatkan pusat transaksi iklan di Dublin mendapat kritikan para pemimpin dunia. Chief Financial Officer Facebook, Dave Wehner, menyatakan bahwa “Facebook (secara bertahap) akan memindahkan transaksi iklan dari Dublin ke struktur lokal di negara yang memiliki kantor Facebook, untuk menyokong pengiklan lokal.”

Baca juga: Kisah Apple yang Ingin Menghindari Pajak tapi Gagal

Related

Business 3379846375003130165

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item