Makanan-makanan Penyumbang Gula Tambahan

 Makanan-makanan Penyumbang Gula Tambahan

Naviri.Org - Bagi yang menjalani diet, terutama untuk alasan kesehatan, konsumsi gula sangat penting diperhatikan. Dalam hal itu, kadang kita terlena dan tidak menyadari adanya gula tambahan yang masuk ke dalam tubuh melalui sejumlah makanan yang sengaja dipilih untuk diet.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan kadar gula yang boleh ditambahkan dalam makanan dan minuman adalah maksimal 10 persen dari total kalori per hari. Atau, secara sederhana, 3-12 sendok teh, dengan catatan 1 sendok teh sama dengan 4 gram gula pasir (1 gram akan menghasilkan 4 kalori). Jika asupan kalori total per hari adalah 1.600 kalori, kita boleh menambahkan gula tidak lebih dari 3 sendok teh. Sedangkan untuk orang yang kebutuhan hariannya 1.800 kalori, dapat menambahkan 5 sendok teh gula, dan seterusnya.

Seperti yang dinyatakan di atas, kadang kita tidak menyadari adanya gula tambahan dalam makanan yang kita konsumsi. Karenanya, membatasi atau mengurangi asupan gula perlu dilakukan dengan cara tepat. Bisa jadi kita telah mengurangi konsumsi gula, dan mematuhi anjuran WHO dengan hanya mengasup gula 3-5 sendok teh gula per hari. Namun, jika tidak membatasi asupan makanan yang mengandung gula, maka tetap saja kita telah mengonsumsi gula berlebihan tanpa disadari.

Rachel Johnson, Profesor Nutrisi di University of Vermont, menyatakan ada enam jenis makanan dan minuman yang sebenarnya menyehatkan, namun makanan-makanan tersebut juga menyumbangkan asupan gula secara tersembunyi ke dalam tubuh ketika kita menyantapnya. Berikut enam jenis makanan yang perlu kita perhatikan.

Saus tomat untuk pasta

Sebenarnya, saus tomat untuk pasta yang kita buat sendiri di rumah mengandung asupan sayuran yang sehat. Tomat menyehatkan, karena mengandung antioksidan yang membantu mengurangi risiko kanker prostat dan payudara.

Namun, setengah cangkir saus tomat untuk pasta siap saji di pasaran mengandung 15 gram gula, atau sekitar empat sendok teh. Karenanya, jika kita makan pasta dengan banyak saus tomat, bisa dibayangkan berapa banyak gula yang diasup secara tak langsung dari hidangan ini.

Tentu saja kita tetap boleh menikmati pasta dengan saus tomatnya. Namun, sebaiknya batasi asupan saus tomat pasta siap saji, atau sesuaikan asupan gula harian jika kita sudah mengonsumsi pasta dan saus tomatnya dalam menu sehari. Agar lebih aman, sebaiknya buat sendiri saus tomat untuk pasta, bukan dengan membelinya dengan alasan kepraktisan.

Kalau pun kita ingin membeli saus tomat pasta siap masak, sebaiknya pilih saus tomat pasta yang mengandung sedikit gula, yaitu tiga gram gula tambahan per setengah cangkir saus tomat (sekitar 12 kalori atau 3/4 sendok teh).

Dressing salad bebas lemak

Dressing salad bebas lemak banyak dipilih untuk menjaga pola makan. Pilihan itu tentu saja tidak salah, namun bisa membawa masalah jika konsumsinya tidak menyeimbangkan dengan asupan gula harian. Artinya, percuma kita diet dengan memilih makanan bebas lemak, namun asupan gula masih berlebihan.

Dressing salad bebas lemak bisa jadi menyehatkan, namun kandungan gula dan garamnya patut diperhatikan. Lemak memang disingkirkan dari dressing ini, tapi gula dan garam biasanya ditambahkan untuk menambah rasa. Akibatnya, jumlah kalori dalam dressing bebas lemak menjadi tinggi, karena ada kandungan gula di dalamnya. Terkadang, jumlah gulanya bisa mencapai delapan gram atau dua sendok teh per dua sendok makan dressing.

Agar tetap sehat, sebaiknya pilih dressing yang mengandung canola atau minyak zaitun yang mengandung gula tambahan.

Smoothies

Satu sajian smoothies bisa mengandung gula tambahan sebanyak 38 gram atau 9,5 sendok teh, dan 230 kalori per satu botol sajian smoothies. Karena kenyataan itu, kita perlu mewaspadainya. Sebaiknya, ganti minuman segar ini dengan susu skim senilai 80 kalori, yoghurt rasa plain tanpa lemak senilai 110 kalori, atau sirup maple senilai 16 kalori.

Saus barbecue

Jika Anda termasuk orang yang suka memasak makanan dengan barbecue, dan menggunakan saus siap masak di pasaran, sebaiknya hati-hati dengan asupan gulanya. Saus siap masak itu mengandung 12 gram gula atau tiga sendok teh per dua sendok makan takaran saus barbecue.

Jika ingin lebih sehat, sebaiknya pilihlah saus barbecue yang mengandung sedikit gula atau kalori, atau Anda bisa membuat sendiri saus barbecue dengan jumlah gula yang disesuaikan kebutuhan harian.

Sereal dan biskuit gandum

Sereal dan biskuit gandum sebenarnya makanan yang bermanfaat, karena kandungan gandumnya. Namun, saat memilih sereal atau biskuit gandum, sebaiknya kita memperhatikan daftar bahan bakunya. Satu sereal gandum bisa mengandung enam gram gula per satu cangkir saji sereal.

Sebaiknya, tambahkan buah-buahan saat mengonsumsi sereal gandum. Batasi pula biskuit, karena biskuit gandum juga mengandung gula tambahan sekitar empat gram atau satu sendok teh per saji.

Related

Health 6604343357551754019

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item