Contoh Surat Perjanjian Kredit Terkait Pemberian Letter of Credit (3)

Contoh Surat Perjanjian Kredit Terkait Pemberian Letter of Credit

Naviri.Org - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Contoh Surat Perjanjian Kredit Terkait Pemberian Letter of Credit 2). Karenanya, untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sangat disarankan untuk melihat uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pasal 14
BERAKHIRNYA DAN ATAU DI AKHIRINYA PERJANJIAN    

Perjanjian ini akan berakhir sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan dalam pasal 5 tersebut diatas.

Menyimpang dari pasal 5 diatas, PIHAK KEDUA menyetujui bahwa PIHAK PERTAMA setiap waktu berhak mengakhiri perjanjian ini apabila:  

a. Bila antara PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA tidak tercapai persetujuan tentang besarnya bunga yang harus dibayar oleh PIHAK KEDUA atas jumlah-jumlah yang terhutang oleh PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA berdasarkan perjanjian ini.

b. Bila menurut PIHAK PERTAMA, PIHAK memenuhi atau tidak memenuhi syarat-syarat perjanjian ini (dan/atau sesuatu penambah pembaharuan atau penggantiannya) dan/atau terhadap atau kealpaan menurut syarat-syarat perjanjian-perjanjian jaminan yang dibuat berdasarkan perjanjian ini.

c. Jika suatu pernyataan, surat keterangan atau diberikan dalam perjanjian ini (dan/atau penambah, pembaharuan atau penggantiannya) dan/atau jaminan yang berhubungan dengan perjanjian tidak sesuai dengan kenyataan sebenarnya mengenai hal (hal) yang oleh PIHAK PERTAMA dianggap penting.

d. Apabila semata-mata menurut pertimbangan PII-keadaan keuangan PIHAK KEDUA bonafiditabilitasnya mundur sedemikian rupa, sehingga tidak dapat membayar hutangnya lagi.    

e. Bila PIHAK KEDUA atau orang pihak lain atau penjamin pembayaran hutang-hutang (untuk selanjutnya disebut "Penjamin") berdasarkan perjanjian ini dan/atau setiap penambahan, perubahan penggantiannya) mengajukan permohonan ini dalam keadaan pailit atau penundaan pembayaran ("surseance van betaling") kepada instansi yang tidak membayar hutangnya kepada pihak lain; ditagih (jatuh waktu), atau karena sebab apa pun mengurus dan menguasai kekayaannya atau dirinya; suatu permohonan atau tuntutan untuk kepailitan terhadap PIHAK KEDUA dan/atau Penjamin kepada instansi yang berwenang.

f. Bila PIHAK KEDUA mengambil keputusan untuk bubar, atau izin usaha PIHAK KEDUA dicabut, atau menghentikan usahanya, atau menangguhkan untuk sementara usahanya, atau dinyatakan berada di bawah pengampuan (onder curatele gesteld);

g. Jika kekayaan PIHAK KEDUA atau Penjamin seluruhnya atau sebagian disita oleh instansi yang berwajib.

h. Bila diadakan perubahan anggaran dasar, perubahan susunan para pemegang saham, Direksi dan/atau Dewan Komisaris, bila ada dari PIHAK KEDUA tanpa persetujuan terlebih dahulu dari PIHAK PERTAMA.  

i. Bila suatu barang yang menjadi jaminan untuk pembayaran dan pembayaran kembali hutang-hutang PIHAK KEDUA kepada PIHAK PERTAMA berdasarkan Perjanjian ini (termasuk perubahan, penggantian atau pembaharuannya) disita oleh instansi yang berwenang, baik untuk sebagian maupun untuk seluruhnya;  

j. Apabila PIHAK KEDUA lalai untuk mengasuransikan atau memperpanjang asuransi barang-barang jaminan sesuai dengan syarat-syarat dan kondisi-kondisi yang setiap kali akan ditetapkan oleh PIHAK PERTAMA.  

k. Apabila terjadi kerusakan atau kehancuran, baik untuk sebagian maupun untuk seluruhnya pada setiap barang dan/atau gedung yang diberikan sebagai jaminan untuk pinjaman berdasarkan Perjanjian ini.

l. Apabila PIHAK KEDUA atau salah satu Penjamin telah lalai atau melanggar suatu ketentuan dalam suatu perjanjian lain yang mengenai atau berhubungan dengan pinjaman uang/hutang, dimana PIHAK KEDUA atau Penjamin adalah sebagai pihak yang meminjam atau menanggung/menjamin (borg) dan bila kelalaian atau pelanggaran tersebut mengakibatkan atau memberikan hak kepada pihak yang lain dalam perjanjian tersebut, untuk perjanjian tersebut menjadi harus dibayar atau dengan seketika dan sekaligus lunas sebelum tanggal pembayaran yang telah ditentukan.

Lihat lanjutannya: Contoh Surat Perjanjian Kredit Terkait Pemberian Letter of Credit (4)

Related

Business 2943094676107391373

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item