Contoh Akta Notaris Terkait Surat Pengikatan Jual Beli Tanah (1)

Contoh Akta Notaris Terkait Surat Pengikatan Jual Beli Tanah

Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh akta notaris terkait dengan surat pengikatan jual beli tanah. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Nomor: ---------------------

Pada hari ini, tanggal (____), bulan (_________), tahun (_____)

Berhadapan dengan saya, (____________), Sarjana Hukum, Notaris di (___________), dengan dihadiri oleh saksi-saksi yang nama-namanya akan disebut pada bagian akhir akta ini:

1. ------------------------------------------

Selaku PENJUAL, yang untuk selanjutnya disebut juga sebagai: PIHAK PERTAMA

2. ------------------------------------------                                                                                      

Selaku PEMBELI, yang untuk selanjutnya disebut juga sebagai: PIHAK KEDUA

Para penghadap terlebih dahulu menerangkan bahwa Pihak pertama adalah pemilik atau yang berhak atas:

- Sebidang Tanah Hak Milik Adat Persil Nomor (_________), yang terletak di: ---------------------

- Propinsi: ---------------------
- Kabupaten: ---------------------
- Kecamatan: ---------------------
- Desa/Kelurahan: ---------------------
- Seluas kurang lebih: --------------------- dengan batas-batas sebelah:
- Utara: ---------------------
- Timur: ---------------------
- Selatan: ---------------------
- Barat: ---------------------
- Bahwa Pihak Pertama berhak atas tanah tersebut berdasarkan ---------------------diperlihatkan kepada saya, Notaris; ----------------------------

Demikian berikut segala sesuatu yang tertanam di atas tanah tersebut, yang menurut sifat, peruntukan atau menurut Undang-Undang dapat dianggap sebagai barang tetap/tidak bergerak.

Bahwa Pihak Pertama hendak menjual sebidang tanah tersebut di atas dengan harga Rp. ---------------------------

Akan tetapi Jual Beli belum mungkin dilaksanakan oleh karena sebidang tanah tersebut sekarang sedang dalam proses pembuatan Sertipikatnya di Kantor Pertanahan yang berwenang, dan akan tercatat atas nama Pihak Pertama, dimana dalam proses pembuatan Sertipikat tersebut Pihak Pertama berkewajiban melengkapi atau mengumpulkan data-data mengenai kepemilikan hak atas tanah tersebut, serta pembayarannya belum dilunasi oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama.    

Bahwa Pihak Kedua bersedia untuk membeli sebidang tanah dan bangunan rumah tersebut dan sesuatu yang terdapat di alasnya dengan harga Rp. --------------------- yang akan dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama, dengan cara pembayaran sebagai berikut: ----------------------------------

1. Tahap pertama sebesar Rp. (_________) akan dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama setelah akta ini ditandatangani, dan untuk penerimaan jumlah uang itu penghadap Pihak Pertama dengan ini memberikan pelunasannya, sehingga akta ini juga merupakan kwitansi untuk penerimaan uang sejumlah Rp. (_________) tersebut;

2. Tahap kedua sebesar Rp. (_________) akan dibayar oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama selambat-lambatnya pada tanggal (_________), untuk penerimaan sejumlah uang tersebut akan dibuatkan tanda terima (kwitansi) secara tersendiri.

Berhubung dengan apa yang diuraikan di atas, maka para pihak bersama menerangkan agar dikemudian hari para pihak tidak memungkirinya, maka Pihak Pertama dengan ini berjanji dan oleh karena itu mengikat diri akan menjual dan menyerahkan kepada Pihak Kedua, yang dengan ini berjanji akan membeli dan menerima penyerahan dari Pihak Pertama, tanah yang diuraikan di atas.

Baca lanjutannya: Contoh Akta Notaris Surat Pengikatan Jual Beli Tanah (2)

Related

Business 7113546333475436674

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item