Makanan-makanan untuk Mencegah Pikun

 Makanan-makanan untuk Mencegah Pikun

Naviri.Org - Pikun bisa menghinggapi siapa saja, sering usia yang makin menua. Banyak yang menyatakan bahwa kepikunan sering terjadi pada orang-orang yang jarang menggunakan otaknya untuk berpikir. Karenanya, sejumlah peneliti pun menyarankan beberapa permainan otak seperti teka teki silang atau scrabble untuk mencegah kepikunan. Selain itu, aktivitas yoga dan rutin berjalan kaki juga dipercaya bisa menghindarkan kita dari kepikunan.

Selain resep-resep tersebut, upaya mencegah kepikunan bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang dipercaya dapat membantu mempertajam otak, sehingga menjauhkan kita dari kemungkinan pikun. Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya dapat membantu kinerja otak.

Bluberi

Senyawa yang terdapat pada buah beri dapat menjadi pelindung tubuh dari penyakit Alzheimer dan penuaan dini.

Telur

Telur mengandung selenium, mineral yang membantu fungsi otak tetap terjaga dan awet muda. Claire Williamson, peneliti nutrisi di British Nutrition Foundation, menyatakan, “Telur banyak mengandung protein dan rendah kalori. Telur yang besar mengandung 75 kalori dan 5 gram lemak, serta penuh vitamin A, B, dan D.”

Mustar

Mengonsumsi mustar sebanyak 17 miligram atau satu sendok makan sehari, dipercaya bisa membantu tubuh mengaktivasi gen yang mengontrol pembersihan sel limbah dalam otak.

Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang dibutuhkan untuk mencegah penuaan dini.

Sayuran hijau

Sayuran hijau, semisal kol, mengandung karotin yang sangat baik untuk kesehatan, selain dapat membantu tubuh mengurangi kemunduran mental karena faktor usia.

Baca juga: Makanan-makanan Pencegah Rambut Rontok

Related

Health 6492462278915025191

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item