Makanan-makanan Pencegah Kanker Prostat

 Makanan-makanan Pencegah Kanker Prostat

Naviri.Org - Jika wanita menghadapi ancaman kanker payudara dan kanker rahim, kaum pria menghadapi ancaman kanker prostat. Kanker prostat adalah kanker kedua yang dikenal menyerang para pria di seluruh dunia. Setidaknya, satu dari setiap enam pria di Amerika Serikat mengidap kanker prostat. Selain itu, 99 persen diyakini kasus kanker terjadi pada pria dengan usia di atas 50 tahun.

Yang mengkhawatirkan, sampai saat ini bisa dibilang belum ada pengobatan yang ampuh dalam menangani kanker prostat. Karenanya, satu-satunya pilihan bagi para pria saat ini adalah mencegah kedatangan penyakit itu. Untuk tujuan tersebut, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan yang diidentifikasi dapat menurunkan risiko kanker prostat, dan berikut ini di antaranya.

Tomat

Tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan kuat yang dapat memperlambat pertumbuhan kanker prostat. Disarankan untuk mengonsumsi tomat dalam bentuk matang (telah dimasak). Bisa diolah sebagai sup tomat, saus, atau pasta. Alasannya, likopen terikat erat ke dinding sel, sehingga sulit bagi tubuh untuk mengekstrak zat tersebut dari tomat yang mentah.

Sayuran

Sayuran seperti brokoli, kembang kol, kubis, bayam, dan kangkung, telah dipercaya sebagai makanan-makanan pencegah kanker. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa sayuran-sayuran itu dapat mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Teh hijau

Teh hijau baik dikonsumsi, karena bermanfaat dalam menunjang kesehatan tubuh, termasuk menurunkan kanker. Teh hijau mengandung senyawa polifenol seperti katekin, EGCG, dan epicatechin, yang dapat mencegah pertumbuhan kanker prostat.

Kedelai dan kacang-kacangan

Kedelai dan kacang-kacangan, semisal kacang tanah, mengandung bahan kimia tanaman yang disebut phytoestrogen. Zat tersebut juga telah diidentifikasi mampu menurunkan risiko kanker.

Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, tuna, juga hering, mengandung asam lemak omega-3, yang sering dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat.

Baca juga: Makanan-makanan Pencegah Kanker Payudara

Related

Health 1737695159108273421

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item