Bahan Makanan Pokok di Indonesia Beserta Kandungan Gizinya

 Bahan Makanan Pokok di Indonesia Beserta Kandungan Gizinya

Naviri.Org - Nasi telah menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun sebenarnya makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat Indonesia tidak hanya nasi, namun juga sagu, jagung, dan lainnya. Nasi lebih terkenal, karena mungkin dikonsumsi oleh paling banyak orang, serta bisa disajikan dalam berbagai menu, resep, dengan aneka bumbu.

Berikut ini tiga bahan makanan pokok di Indonesia, beserta kandungan gizinya.

Beras

Bahan pembuat nasi adalah beras. Selain dikonsumsi masyarakat Indonesia, beras juga menjadi bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Asia. Setelah ditanak atau direbus, beras berubah menjadi nasi. Nasi juga bisa diolah lagi untuk menghasilkan masakan baru, semisal nasi goreng, nasi kebuli, dan lain-lain.

Sebagai sumber nutrisi, dalam 100 gram beras mengandung 78,3 gram karbohidrat, 7,6 gram protein, 1,1 gram lemak, dan vitamin B1.

Jagung

Di masa sekarang, jagung lebih dikenal sebagai golongan sayur, dan biasa disajikan untuk camilan atau dijadikan bahan masakan seperti dalam sup, dan lain-lain. Namun, masyarakat Indonesia ada yang menjadikan jagung sebagai bahan pangan pokok, khususnya di masa lalu.

Nilai gizi yang dikandung jagung tidak kalah dengan beras atau nasi. Dalam 100 gram jagung terdapat 355 kalori, 9,2 gram protein, 73,7 karbohidrat, dan nutrisi-nutrisi bermanfaat lainnya.

Sagu

Sagu merupakan sumber energi yang setara dengan beras, jagung, singkong, kentang, dan tepung terigu. Dalam 100 gram sagu terdapat 84,7 gram karbohidrat dan 0,7 gram protein.

Karena potensi gizi sagu yang tidak selengkap dan sebaik makanan pokok lainnya, sebaiknya sagu dikonsumsi bersama bahan lain yang mengandung kadar gizi lebih baik. Misalnya dikombinasikan dengan ikan atau berbagai sayuran.

Baca juga: Makanan-makanan Pencegah Tumbuhnya Uban

Related

Health 6284463005764593587

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item