Contoh Akta Notaris Terkait Pengikatan Tukar Menukar Tanah (1)


Naviri.Org - Berikut ini adalah contoh akta notaris terkait pengikatan tukar menukar tanah. Contoh ini hanya draft yang bisa diubah atau ditambah/dikurangi, sesuai keperluan.

Nomor: …………

Pada hari ini, ------------------------------

Berhadapan dengan saya, (…………), di Jakarta, dengan dihadiri oleh saksi-saksi yang nama-namanya akan disebut pada bagian akhir akta ini:

1. a. Tuan (…………), Pensiunan Pegawai Negeri, bertempat tinggal di (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………);

b. Nyonya (…………), Ibu Rumah Tangga, bertempat tinggal di (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………);

c. Tuan (…………), Karyawan, bertempat tinggal di (…………) pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………);

d. Tuan (…………), Karyawan, bertempat tinggal di (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………);

e. Tuan (…………), bertempat tinggal di Jakarta, Jalan (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………);

f. Tuan (…………), Swasta, bertempat tinggal di (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………);

- Menurut keterangannya dalam ini mereka bertindak bersama-sama dalam kedudukannya sebagai satu-satunya ahli waris dari almarhumah (…………), yang meninggal dunia di Jakarta, tempat tinggalnya yang terakhir, pada tanggal [___] ([___]), demikian sebagaimana ternyata dalam Surat Keterangan Warisan yang dibuat secara di bawah tangan, disaksikan dan dibenarkan oleh Lurah [___] tertanggal [___] ([___]) Nomor [___] dan oleh Camat [___] tertanggal [___] ([___]), nomor (…………), yang aslinya diperlihatkan kepada saya, Notaris, yang untuk selanjutnya disebut juga sebagai:

PIHAK PERTAMA

2. Tuan (…………), Pegawai Negeri, bertempat tinggal di (…………), pemegang Kartu Tanda Penduduk Nomor (…………); yang untuk selanjutnya disebut juga sebagai:  

PIHAK KEDUA

Para penghadap yang bertindak sebagaimana tersebut di atas terlebih dahulu menerangkan bahwa:

a. Pihak Pertama adalah pemilik atau yang berhak atas sebidang tanah dan bangunan rumah sebagaimana diuraikan Sertipikat Hak [___] Nomor (…………), yang terletak di:  

- Propinsi: --------------------------
- Kotamadya: ----------------------
- Kecamatan: -----------------------
- Kelurahan: ------------------------
- setempat dikenal sebagai Jalan (…………), seluas (…………), Gambar Situasi (…………), Nomor (…………), terdaftar atas nama (…………) demikian menurut Sertipikat (Tanda Bukti Hak) yang dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kotamadya Jakarta Pusat, tertanggal (…………), dan bangunan rumah didirikan di atasnya, dengan nilai jual sebesar Rp. (…………);

b. Pihak Kedua adalah pemilik atau yang berhak sebagaimana diuraikan dalam Sertipikat Hak Milik Nomor (…………), yang terletak di:

- Propinsi: ------------------------
- Kotamadya: ------------------------
- Kecamatan: ------------------------
- Kelurahan: ------------------------
- setempat dikenal sebagai [___] (…………) Blok (…………) Nomor (…………), seluas (…………), Gambar situasi tanggal (…………), Nomor (…………), terdaftar atas nama [___] (…………);

Demikian menurut Sertipikat (Tanda Bukti Hak) yang dikeluarkan oleh Kantor Pertanahan Kotamadya [___], tertanggal (…………), dan bangunan rumah tersebut didirikan berdasarkan Surat Izin Mendirikan Bangunan, tertanggal (…………), Nomor (…………), yang diperlihatkan kepada saya, Notaris, dengan harga jual sebesar Rp. [___] ([___] rupiah);  

Demikian berikut segala sesuatu yang tertanam di atas tanah dan bangunan rumah tersebut, yang menurut sifat, peruntukan atau menurut Undang-Undang dapat dianggap sebagai barang tetap/tidak bergerak.

- Bahwa Pihak Pertama hendak menukar sebidang tanah dan bangunan rumah tersebut di atas kepada Pihak Kedua, dan Pihak Kedua akan menukar sebidang tanah dan bangunan rumah tersebut di atas kepada Pihak Pertama, dengan ketentuan bahwa Pihak Kedua akan memberikan tambahan uang sejumlah Rp. [___] ([___] rupiah) kepada Pihak Pertama, akan tetapi Tukar Menukar belum mungkin dilaksanakan oleh karena pembayaran tambahan sebesar Rp. [___] ( [___] rupiah) tersebut di atas belum dilunasi oleh Pihak Kedua kepada Pihak Pertama, dan tanah bangunan rumah milik Pihak Kedua masih disewakan kepada Pihak Ketiga.

Lihat lanjutannya: Contoh Akta Notaris Terkait Pengikatan Tukar Menukar Tanah (2)

Related

Business 7817155834826455166

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item