Makanan Terbaik untuk Wanita yang Baru Melahirkan

  Makanan Terbaik untuk Wanita yang Baru Melahirkan

Naviri.Org - Selama masa kehamilan, wanita harus menjaga makanannya. Begitu pun, setelah melahirkan—khususnya setelah baru melahirkan—wanita juga perlu memperhatikan makanannya. Wanita yang baru melahirkan harus mengonsumsi makanan yang bisa mengenyangkan, bernutrisi, dan mampu memberikan tambahan energi. Berikut ini makanan-makanan yang dianggap terbaik dalam hal tersebut.

Sereal kaya serat

Konstipasi adalah masalah yang umum dialami wanita yang baru melahirkan, karena hormon menyusui akan memperlambat pencernaan. Mengonsumsi semangkuk sereal akan cukup mengenyangkan, sekaligus mencegah konstipasi. Anda bisa menikmati sereal dengan yoghurt. Selain kaya kalsium, yoghurt juga mengandung probiotik yang membantu melancarkan proses pencernaan.

Telur

Satu butir telur mengandung lima sampai enam gram protein. Mengonsumsi sebutir telur akan membuat Anda tidak banyak ngemil dan cepat kenyang, sehingga tidak perlu banyak mengonsumsi kalori. Telur juga sumber alami untuk kolin, nutrisi penting yang digunakan dalam membangun pusat memori pada otak bayi. Seperti nutrisi lain, kolin juga bisa dikonsumsi bayi melalui air susu.

Daging sapi

Daging sapi mengandung zat besi dan seng, dua mineral penting untuk menambah energi dan memproduksi air susu. Untuk mengonsumsinya, pilihlah bagian panggul yang memiliki sedikit lemak dan kaya nutrisi. Anda bisa menikmatinya dengan cara memanggang daging sapi yang dicampur sayuran.

Salmon liar

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk jantung, dan membantu perkembangan otak bayi ketika Anda menyusuinya. Sebaiknya, pilihlah salmon liar (bukan salmon hasil peternakan). Tidak perlu mengonsumsinya setiap hari—sekali atau dua kali seminggu sudah cukup.

Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang paling bernutrisi. Bayam mengandung dua hal penting yang harus dikonsumsi ibu yang baru melahirkan, yaitu asam folat dan kolagen. Kolagen diperlukan untuk mempercepat masa penyembuhan setelah operasi caesar. Sementara asam folat penting untuk menggantikan darah yang dikeluarkan ibu setelah melahirkan, serta mangan yang membantu pertumbuhan tulang.

Baca juga: Makanan-makanan Penambah Hemoglobin

Related

Pregnancy 4186028905937307586

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item