Makanan-makanan yang Meringankan Gejala Menopause

  Makanan-makanan yang Meringankan Gejala Menopause

Naviri.Org - Menopause adalah masa ketika wanita berhenti menstruasi, sehingga tidak lagi hamil dan melahirkan. Umumnya, menopause dimulai ketika wanita mencapai usia 50 tahun. Selama menopause, tubuh memproduksi lebih sedikit hormon estrogen, yang bisa berakibat munculnya gejala-gejala tidak nyaman pada diri si wanita.

Gejala dan keluhan menopause bisa berupa susah tidur, mata terasa panas, bertambahnya berat badan, dan rambut rontok. Selain itu, kadang muncul masalah tambahan berupa risiko terkena penyakit jantung dan osteoporosis.

Wanita yang telah memasuki menopause sangat disarankan untuk menghindari makanan pedas, alkohol, atau kafein. Sementara olahraga secara teratur dapat mengurangi gejala menopause, dan memperbaiki mood yang mungkin labil. Sedangkan untuk meringankan gejala menopause, berikut ini beberapa makanan yang bisa dikonsumsi.

Kedelai

Kedelai mengandung phytoestrogen, yaitu estrogen alami dalam tumbuhan yang disebut isoflavon dan lignan. Keduanya bekerja dalam tubuh sebagai hormon estrogen yang lemah, dan membantu mengatasi keringat pada malam hari. Kedelai dapat ditemukan pada tahu, tempe, juga susu kedelai. Selain kedelai, bawang putih dan kacang hitam juga mengandung phytoestrogen.

Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang dapat membantu menurunkan kadar trigeliserida dan kolesterol, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain salmon, ikan tuna dan sarden juga mengandung omega-3 yang sama baiknya. Sementara penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mengurangi depresi selama menopause.

Susu

Dengan risiko osteoporosis yang meningkat pada masa menopause, sangat penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Makanan tersebut bisa berupa susu, yoghurt, keju, dan makanan lain yang mengandung kalsium. Pilih makanan dengan kadar lemak rendah atau tanpa lemak, untuk tetap menjaga berat badan yang biasanya akan bertambah setelah menopause.

Baca juga: Makanan yang Meningkatkan Produksi ASI

Related

Health 6464235251866367845

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item