Makanan-makanan yang Melancarkan Siklus Menstruasi

Makanan-makanan yang Melancarkan Siklus Menstruasi

Naviri.Org - Sebagian wanita mengalami siklus menstruasi yang teratur, sementara sebagian yang lain mengalami siklus yang tidak teratur. Biasanya, ketidakteraturan siklus menstruasi terjadi ketika memasuki tahap awal menstruasi dan saat memasuki masa menopause. Namun, gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi alkohol, olahraga berlebihan, atau konsumsi obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Jika Anda kebetulan juga mengalami masalah itu, Anda bisa mengonsumsi makanan-makanan berikut ini, yang akan membantu melancarkan siklus menstruasi Anda.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau semisal bayam, asparagus, atau brokoli, merupakan sayuran sehat yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi. Karenanya, jika Anda mengalami menstruasi tidak teratur, Anda bisa memasukkan brokoli atau sayuran lain dalam menu harian Anda.

Ikan

Salmon adalah makanan dengan kandungan kalsium dan vitamin D. Selain dapat memperkuat tulang, ikan salmon juga meningkatkan serta menstabilkan hormon, yang membantu mengatasi masalah menstruasi tidak teratur.

Selain salmon, ikan lain yang mengandung asam lemak omega-3 juga baik untuk tubuh. Asam lemak omega-3 melindungi pembuluh darah di ovarium dari kerusakan yang dapat menunda menstruasi. Karenanya, mengonsumsi ikan atau minyak ikan dapat memperlancar siklus menstruasi.

Almond

Anda bisa menjadikan kacang almond sebagai camilan yang sehat. Selain membantu memperlancar siklus menstruasi, almond juga kaya serat dan protein yang dapat menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Biji wijen

Jika dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan, biji wijen bisa membantu memperlancar siklus menstruasi.

Yoghurt

Yogurt adalah produk susu yang kaya kalsium dan protein. Mengonsumsi yoghurt setiap hari bisa membantu memperlancar siklus menstruasi.

Susu kedelai

Selain yoghurt, susu kedelai juga baik untuk tujuan sama, yaitu melancarkan menstruasi. Susu kedelai bisa dipilih, khususnya jika Anda kurang menyukai yoghurt.

Telur

Kandungan protein dalam telur dapat membantu mengatasi masalah menstruasi tidak lancar. Selain protein, telur juga kaya kalsium dan vitamin, sehingga bisa menjadi makanan yang menyehatkan.

Baca juga: Makanan-makanan yang Membantu Membakar Lemak Pria

Related

Health 9222353861549228227

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item