Makanan-makanan Penambah Hemoglobin

  Makanan-makanan Penambah Hemoglobin

Naviri.Org - Hemoglobin adalah protein yang mengandung zat besi, yang terdapat pada sel darah merah. Di dalam tubuh manusia, hemoglobin berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan hemoglobin bisa menyebabkan anemia, infeksi, atau pendarahan. Kekurangan hemoglobin dalam darah umumnya dialami wanita yang sedang menstruasi, namun tidak menutup kemungkinan juga dialami pria dengan berbagai sebab.

Berikut ini adalah makanan-makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah kadar hemoglobin dalam tubuh kita.

Sayuran

Jenis sayuran yang paling cepat meningkatkan hemoglobin di antaranya bayam, bit, kacang polong, kacang merah, kubis, lobak, ketela, brokoli, kacang lima, sawi, kacang hitam, dan bunga kol. Di antara jenis sayuran tersebut, bit dianggap yang terbaik, karena memiliki kemampuan meregenerasi zat besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah dalam tubuh.

Daging sapi

Selain mengandung zat besi yang mampu meningkatkan jumlah hemoglobin dengan cepat, daging sapi juga bisa diserap tubuh dengan cepat. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi daging sapi secara berlebihan, karena dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Buah-buahan

Di antara buah-buahan yang mampu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh adalah kismis, plum, buah ara, aprikot, apel, jeruk, jeruk limau, dan jeruk purut.

Kacang-kacangan

Di antara semua jenis kacang-kacangan, kacang almond termasuk salah satu jenis yang mengandung zat besi, yang mampu meningkatkan hemoglobin dalam tubuh Anda.

Roti, pasta, dan sereal

Roti gandum, pasta, dan sereal, adalah tiga makanan yang mengandung zat besi tinggi, sehingga mampu menyuplai hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, gandum juga baik dikonsumsi sebagai menu diet harian.

Baca juga: Manfaat Mengunyah Makanan dengan Benar

Related

Health 6336912020011905725

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item